Senin, 15 Desember 2014

PEMBELAJARAN YANG MERANGSANG DAN MELATIH OTAK KANAN


MAKALAH
NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN AUD
Tentang
PEMBELAJARAN YANG MERANGSANG DAN MELATIH OTAK KANAN



OLEH
KELOMPOK 4

CICI KURNIA SARI                        1200791
SRIDEVI                                1200817
LIDYA VINTA PUTRI         1200779
NOVIA WANDARI              1200829
HENI DIAN FURNIA          1200806
FITRI HANDAYANI                       1200789
MINDA EKA PUTRI                        1200795
TRINELA SARI                    1200798
VONI RAHMI                       1200815

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sebagai penulis aturkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami sebagai penulis telah menyelesaikan makalah ini dengan judul “ pembelajaran yang  merangsang dan melatih otak kanan”. selanjutnya sholawat beriring salam tidak lupa pula kami sebagai penulis kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatnya kealam yang berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Makalah ini ditulis dalam rangka untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah berhubungan dengan neurosains dalam pembelajaran AUD. Dalam menyusun makalah ini, penulis mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, baik moril maupun materil.
Penulis menyadari baik isi maupun penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kepada pembimbing dan pembaca makalah ini, penulis mengharapkan kritik dan sarannya yang sifatnya membangun demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Harapan penulis, semoga makalah ini dapat dipergunakan demi kemajuan ilmu pengetahuan kita bersama. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.



Padang, 2013



penulis




i
DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar…………………………………………………………………………..…….i
Daftar Isi……………………………………………………………………………..………..ii
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah………………………………………………………….....…1
B.     Rumusan Masalah……………………………………………………….......................1
C.     Batasan masalah………………………………….……………………………….....…2
Bab II Pembahasan
A.    Perkembangan otak anak………...………………………….…………………..…..…3
B.     Otak kanan dan fungsi otak kanan…….……………………………..…......................4
1.      Otak kanan…………………………………………………………………..…4
2.      Fungsi otak kanan………………………………………………………….…..4
  1. Pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan ……………………………..5
1.      Pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan……………………...5
2.      merangsang otak kanan dengan kemampuan berfikir seimbang (RIGHT BRAIN)………………………………………………………………………..9
3.      melatih otak kanan  dengan tehnik tes atau latihan pengaktifan otak kanan…..9

Bab III Penutup
A.    Kesimpulan….………………………………………………………………………..12
B.     Saran………………………………………………………………………………….13
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………..14



ii
BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar belakang masalah
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh manusia, otak tidak statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh dan berkembang setiap saat menyesuaikan dengan stimulasi lingkungannya.
Otak terdiri dari belahan kanan dan belahan kiri, kedua belahan ini mempunyai peranan dan fungsi masing-masing. Sebagaimana kita ketahui otak tumbuh dan berkembang sepanjang waktu, oleh karena itu otak perlu diberikan stimulasi. Dalam pemberian stimulasi tidak otak kiri saja yang perlu melainkan otak kanan juga.
Otak kita akan berkembang dengan baik jika ada tantangan dan masalah yang harus diselesaikan. Pandainya menyesuaikan diri, mampu berpikir menunjukkan bahwa otak kanan dan kiri dapat berjalan seimbang. Merancang pembelajaran berbasis Otak kanan yaitu berspesialisasi pada penginderaan dan pola rekognisi.
Upaya merangsang otak kanan dilakukan dengan kegiatan menari, menyanyi, melukis dan sebagainya.  dengan merangsang belehan otak kanan seperti: seni, kreativitas dan imajinasi lebih dulu, maka kemampuan matematis anak justru bisa berkembang lebih baik.
Belahan otak kiri dan kanan, asal tahu saja, bekerja saling bergantung satu sama lain. apabila tidak terbiasa menggunakannya secara seimbang, salah satu dari belahan otak yang jarang digunakan akan mengalami hambatan-hambatan dalam menjalankan fungsinya. Hal ini pula yang menimbulkan kemiskinan kreativitas pada anak-anak.

  1. Rumusan masalah
Berdasarkan masalah yang akan dibahas kami merumuskan:
1.      Bagaimana perkembangan otak anak!
2.      Apa itu otak kanan dan fungsi otak kanan!
3.      Apasaja pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan!





1
  1. Batasan masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang dipilih kami membatasi masalah:
1.      Perkembangan otak anak
2.      Otak kanan dan fungsi otak kanan
3.      Pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan


2
BAB II
PEMBAHASAN

PEMBELAJARAN YANG MERANGSANG DAN MELATIH OTAK KANAN

  1. Perkembangan otak anak
Factor terpenting yang terdapat dalam diri manusia yang akan menentukan perkembangan manusia selanjutnya adalah otak, yaitu keseimbangan belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Otak manusia hanya satu yang  terdiri belahan otak kanan dan belahan otak kiri, kedua belahan otak itu harus selalu dalam keseimbangan tetapi kenyataannya tidak begitu adanya.
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh manusia. Otak merupakan bagian yang amat penting dalam proses mental individu, khususnya yang terkait dalam proses berfikir. Adanya kerusakan otak akan mempengaruhi intelegensi individual dan perilakunya.
 Otak tidak statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh dan berkembang setiap saat menyesuaikan dengan stimulasi lingkungan. Otak terdiri dari batang otak, otak kecil dan dua belahan otak besar. Ciri-ciri kecanggihan otak adalah tumbuh dengan laju kecepatan yang tinggi saat bayi. Kemampuan plastisitas yang tinggi, kemampuan ting untuk beradaptasi terhadap lingkungan dan adanya perkembangan ontogenetic dengan proses lateralisasi yang menciptakan spesialisasi hemisfer yang khas otak manusia.
Perkembangan otak mencapai tahap puncak dengan terciptanya dua belahan otak, kanan dan kiri, yang mempunyai kemampuan berbeda tetapi bekerja sama secara harmonis, selaras dan saling berkomunikasi.
Untuk mencapai tahap puncak otak prima, anak harus belajar dari lingkungan dan diberi stimulus. Proses perkembangan otak mencapai tahap puncak spesialisasi hemisfer ini merupakan hasil akhir adanya dua kemampuan dalam diri manusia yaitu berakal dan berakhlak, manusia yang cerdas dan berbudi luhur sekalian.







3
  1. Otak kanan dan fungsi otak kanan
  1. Otak kanan
Pada dasarnya otak merupakan memori yang terpenting yang terdapat dalam tubuh manusia, tepatnya pada bagian kepala. Otak akan bekerja apabila mendapatkan rangsangan, baik rangsangan langsung atau tidak, contohnya: pada saat berfikir dengan tenang maupun saat terkejut. Otak manusia bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu cara kerja otak kanan dan otak kiri, dalam proses pembelajaran otak kanan akan berfungsi jika menerima rangsangan yang direkam oleh pupil dan diteruskan ke otak, kemudian di bagikan baik ke otak kanan maupun ke otak kiri. Otak kanan bersifat artistic, kreasi, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama, music, imajinasi, khayalan, warna, pengenalan diri dan orang lain.
Menurut Doung hall, kepribadian dari otak kanan adalah simple, menyenangkan, boros, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, pelanggar aturan, bebas dan spontan.
Otak kanan merupakan wadah kemampuan dasar (fluid intelligence) untuk mengimplementasikan kecerdasan dan kepandaian yang diperoleh dari belahan otak kiri (crystallized intelligence).
  1. Fungsi otak kanan
Belahan otak kanan berfungsi sebagai pusat pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi, spritualisme, pusat kesenian dan emosi, pusat visualisasi, imajinasi dan kreativitas, dan berpola piker holistic dan intuitif.
Otak kanan mempunyai fungsi yang lebih luas, lebih vital dan menjadi landasan dasar dalam kehidupan individu. Ibarat membangun sebuah rumah maka perlu lebih dahulu dipersiapkan fundamen (belahan kanan) yang baik. Kalau otak kiri manusia merupakan pusat potensi kepandaian manusia, maka otak kanan lah yang mengaktualisasikan kepandaian itu dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai kondisi dan situasi.
Fungsi otak kanan yaitu:
·         Dalam perkembangan EQ (emosional quentien) misalnya persamaan, khayalan kreatif, bentuk atau ruang, emosi, music dan warna.
·         Daya ingat otak kanan bersifat panjang
·         Berfikir lateral
·         Tidak tekstruktur
·         Cendrung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu memdetail.


4
Dan fungsi otak kanan lainnya yaitu:
·         Non verbal, Kesadaran tentang benda-benda tetapi sedikit mengaitkannya dengan kata-kata
·         Sintetis, Mengatukan hal/benda untuk menjadi suatu keseluruhan
·         Konkret, Menghubungkan dengan hal-hal konkret sebagaimanan adanya atau sesuai dengan kenyataan dan pengalaman
·         Analogi, Melihat kesamaan antara benda-benda, memahami hubungan yang sifatnya metaphor (perumpamaan).
·         Non temporal, Tanpa sence of time
·         Non rasional, Tidak memerlukan dasar penalaran/ fakta
·         Spasial, Melihat suatu hal/benda dalam hubungan dengan hal lain/benda lain. Bagaimana bagian akan menyatu agar membentuk keseluruhan
·         Intuitif, Insight yang melompat seringkali berdasarkan perasaan, imagery visual
·         Holistic, Melihat secara keseluruhan benda/kejadian, mengamati keseluruhan pola dan struktur menuju ke konklusi divergen.
  1. Pembelajarn yang merangsang dan melatih otak kanan
1.      Pembelajarn yang merangsang dan melatih otak kanan
Pembelajaran melalui otak kanan pada anak prasekolah dapat berupa kesempatan untuk bermain bebas dan aktivitas kelompok sangat berguna untuk belajar perilaku social. Dapat memperoleh kepuasan diri, mengikuti keadaan rutin, dan menguasai keterampilan praktis seperti makan, toileting, berpakaian, memberi salam pada orang dewasa, memecahkan konflik, memberiperhatian dan melakukan tugas. Pada usia prasekolah lebih lanjut dapat dimulai menanamkan “school readriiess” termasuk dasar” termasuk dasar-dasar baca-hitung-tulis (prabaca, prahitung dan pratulis). Dan uapaya diarahkan untuk mengembangkan cirri ingin tahu, keterampilan berpikir, kosa-kata dan pengetahuan umum. Pada usia pra sekolah belum diharapkan penekanan pada pengembangan intelektual atau akademis (yang diperankan terutama oleh belahan kiri).
Pembelajaran yang mementingkan belahan otak kanan akan membuat orang mampu bercerita secara global, imajinatif, integrative sehingga hasil pembelajaran itu tampak pada keberhasilan pada ujian esai. Dengan kata lain, hasil uijan esai mencerminkan kemampun belahan kanan.



5
Berikut pembelajaran yang bisa meangsang dan melatih otak kanan adalah:
1.      Bermain peran
Bermain peran merupakan sebuah game yang para pemainnya melainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari system peraturan game yang telah ditentukan. Dengan permainan ini anak akan belajar cara bersopan santun dengan orang lain, anak dapat menyelami perasaan tokoh yang diperankan, anak belajar mengekspresikan diri, berimajinasi, atau bahkan berimprovisasi.
2.      Menggambar atau membuat coretan warna warni
Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak, menggambar merupakan aktivitas yang penuh stimulasi terhadap proses tumbuh kembang anak. Kegiatan ekspresif ini merupakan aktivitas kreatif anak yang perlu dikembangkan, diperhatikan dan disalurkan dengan tepat, sehingga dapat menunjang optimalisasi perkembangan minat, bakat, juga keceerdasannya. Walaupun simpel, kegiatan diatas merangsang fungsi otak kanan, yatu mengenal bentuk dan warna. Misalnya, Anda bisa menstabilo bagian-bagian penting di buku dengan warna-warna jreng. Adapu manfaat bagi otak kanan yaitu:
·         Merupakan ekspresi dan bagian dari proses kreatif serta imajinatif anak dimasa kecil, dengan menggambar anak akan belajar menciptakan atau berkreasi, menuangkan ide-idenya, serta mensualisasikan dan merelaksasikan imajinasinya dalam sebuah kenyataan.
·         Membantu anak menyalurkan bentuk-bentuk emosi yang dirasakan anak melalui gambar
·         Melatih keterampilan motorik halus anak
·         Sebagai stimulus untuk menumbuhkan minat belajar, sekaligus sebagai metode pembelajaran dan pendidikan berbasis kreatif.
3.      Pantun berbalas
Manfaat bagi optimalisasi otak kanan
·         Mengasah atau mengembangkan kreativitas dalam menyusun kata-kata
·         Karna game ini berbasis kelompok, maka emosi anak (rasa solidaritas) bisa tumbuh dan ia akan membela kelompoknya.



6
4.      Mengarang cerita
Mengarang cerita bisa menjadi media bagi anak untuk mengungkapkan perasaan dan pikirannya mengenai sesuatu atau seseorang, dimana dengan mengarang cerita ini akan membuat imajinasi anak menjadi terasah. Imajinasi tersebut merupakan bagian dari ide-idenya yang bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan kreatifnya.
5.      Menari
Menurut pendapat para pakar, menari merupakan bentuk kecerdasan kinestetik, yang perlu kita pahami disini adalah kecerdasan kinestetik tidak hany meliputi gerakan tubuh semata, melainkan juga kemampuan untuk menggabungkan fisik dan pikiran guna menyempurnakan suatu gerakan. Menurut Berk (2006) dalam game khusus penyeimbang otak kanan dan kiri anak, belajar melalui tari hendaknya merupakan salah satu stimulasi unuk melatih kecerdasan otak, baik secara kognisi, psikomotorik maupun efektif. Tari memberikan ruang kepada seseorang kepada seseorang untuk bermain dan berimajinasi. Manfaat bagi otak kanan:
·         Otak kanan anak akan mendapat rangsangan dari apa yang didengar (yakni music). Setelah melalui proses yang rumit dalam sel saraf, rangsangan music itu kemudian menghasilkan gerakan-gerakan fisik.
·         Otak kanan anak juga akan meningkatkan daya kreativitas dengan membuat gerakan yang indah dan gemulai atau membuat variasi gerakan sendiri diluar panduan kita.
6.      Membaca buku fiksi
Di sela-sela rehat, manfaatkan dengan membaca buku fiksi. Anda bak diajak ’berpetualang’  ke dunia lain. Otak pun bak dimanjakan karena bebas berfantasi dan berimajinasi seluas mungkin tanpa mengenal batas.
7.      Pembelajaran olahraga
Olahraga juga sangat berperan penting dalam merangsang otak kanan, karena olahraga menggerakkan seluruh bagian tubuh. Saat menerimarangsangan otak dalam kondisi normal.

7
Selain itu otak kanan juga bisa dirangsang melalui:
1.      Mendengarkan music
Musik apapun merupakan stimulan yang ampuh untuk membuat Anda tenang atau memberikan dorongan semangat. Musik adalah indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian bukan musik yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati. Bisa kita lihat para pemain musik seperti penyanyi dan pencipta lagu adalah orang yang kuat otak kanan nya.

2.      melakukan hal yang disukai atau hobi
Suatu cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis  adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita. Secara tidak sadar ketika kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan beaya yang kita keluarkan. Demi hobi bahkan orang rela mengorbankan sebagian waktu untuk menekuninya. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Dengan menekuni hobi, biasanya hidup kita akan bertambah semangat dan ada spirit baru. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan : mendaki gunung, memancing, bermain game online, jogging dan lain sebagainya.

3.       melatih otak kanan dengan humor
Dapat kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku humor dan becanda. Orang yang kuat otak kanannya selalu berfikir kedepan, menggali ide-ide baru dan menyukai tantangan. Kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kanannya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapai masalah maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk melampiaskan kebosanan dan menjaga spirit dalam hidupnya.
               
8
2.      Cara merangsang otak kanan dengan kemampuan berfikir seimbang (RIGHT BRAIN)
Mengembangkan kemampuan otak kanan tidak hanya dengan pembelajaran-penbelajaran seni atau music saja tapi bisa juga dengan latihan-latihan mengembangkan kemampuan berpikir seimbang, dengan konsep right brain. Adalah  konsep latihan fisik khsus untuk anak-anak yang bertujuan melatih dan mengembangkan anak secara holistic. Anak-anak diajak berkenalan kedunia yang penuh imajinasi dan mengenal perjalanan pertama kedalam tubuhnya sendiri.
Mulailah dengan bercerita tentang kisah kelahiran manusia. Manusia datang dari dalam tubuh manusia lain disebut ibu. Ini adalah peristiwa yang penuh keajaiban dan menjadi bukti adanya zat tertinggi yang diistilahkan sebagai tuhan. Mintalah anak-anak untuk mendengar dongeng ini dengan pembimbing berada di tengah-tengah mereka untuk menimbulkan suasana kesatuan dan kedekatan. Dengan ceritayang penuh fantasi itu, biarkan anak-anak bermain dengan theatre of mind-nya.
Carilah ruangan yang tenang, bersirkulasi udara baik dan sejuk. Beri latar belakang music instrumental yang tenang. Orangtua perlu berlatih agar cerita bisa mengalir dengan baik dengan intonasi yang jelas. Biarkan anak-anak dalam posisi yang paling rileks dan memejamkan mata. Latihan ini bisa berlangsung selama 30-45 menit. Apabila berhasil, buat anak-anak, waktu selama itu akan terasa pendek dan cepat.
Apabila cerita yang disuguhkan begitu memukau dan suasana terciptanya dengan baik, anda telah membawa anak-anak berkelana dengan kesadaran supra ke dalam suatu kehidupan. Mungkin saja, ketika cerita disampaikan, tercapai suatu kondisi yang disebut ferkuensi alpha atau bahkan theta. Detik berada dalam kondisi alpha atau theta merupakan pengalaman berharga dalam kehidupan anak anda.in adalah kondisi kehidupan optimal dimana semua system pertahanan diri dan kekebalan tubuh bekerja secara maksimal. Mungkin saja, kondisi yang hanya sesaat itu bisa menghasilkan suatu keajaiban pada kesehatan ataupun kecerdasan kesadaran anak-anak.
Setelah latihan diatas selesai, biarkan anak-anak menikmati relaksasi dalam posisi tidur telentang dan dalam kondisi kendur. Ajaklah mereka untuk berposisi seperti itu selama beberapa menit dan mintalah mereka untuk belajar membiarkan pikiran bebas merdeka.

3.      melatih otak kanan  dengan tehnik tes atau latihan pengaktifan otak kanan
untuk melatih otak kanan, dapat lakukan sebagian tehnik atau test berbentuk latihan-latihan pengaktifan otak kanan yaitu:


9
1.      eight game
pura-puralah menulis angka delapan tidur atau lambang ? di hawa dengan tangan kiri serta kanan dengan berbarengan. permainan sederhana ini mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan. coba serta teruskanlah permainan ini sesudah sarapan, sepanjang dua menit tiap-tiap hari.
2.      thumb game
acungkanlah jempol tangan kiri serta kelingking tangan kanan, sembari menyorongkan ke-2 belah tangan ke arah kanan. sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan serta kelingking tangan kiri, sembari menyorongkan ke-2 belah tangan ke arah kiri. permainan sederhana ini mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan. coba serta teruskanlah permainan ini berbarengan teman-teman sesudah makan siang, sepanjang dua menit tiap-tiap hari.
3.      pattern game
gambarlah pola-pola spesifik diatas kertas kosong, dengan tangan kiri serta kanan dengan berbarengan, ke arah didalam, luar, atas, serta bawah. tak hanya mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga bisa menggali potensi visual. coba permainan ini sepanjang dua menit tiap-tiap hari, sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.
4.      specific crawl
gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. lantas balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. idealnya, siku tangan menyentuh lutut. temani juga dengan lagu favorit. tak hanya mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan, gerakan ini juga bisa bikin pikiran terbuka pada perihal yang baru. coba gerakan ini dengan 10 menit tiap-tiap hari, sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.
5.      specific posturing
bertumpulah di lantai dengan lutut kiri serta tangan kanan. sesaat itu, kaki kanan diluruskan ke belakang serta tangan kiri diluruskan ke depan. posisi ini mempunyai tujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf spesifik dengan umum serta otak kanan dengan spesial. coba posisi ini sepanjang 10 menit tiap-tiap hari, sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.



10
6.      specific relaxing
panduan ini spesial anak-anak. pertahankan posisi relaksasi 1/2 tengkurap. lakukan juga posisi ini saat anak tidur. makin awal, makin baik. lakukan juga posisi ini saat anak sakit, sembari dipeluk oleh orang tua. karena, otak anak ada didalam frekuensi alpha serta anak dapat jadi damai sebab itu.
7.      rotated reading
balikkan sesuatu catatan ( atas bawah ), lantas bacalah catatan tersebut dari kanan ke kiri. coba serta teruskanlah rutinitas baru ini sepanjang 2 menit tiap-tiap hari.
8.      left-handed foreplay
panduan yang bisa juga dimaksud kamasutra ini spesial untuk lelaki yang sudah menikah. cumbulah pasangan anda gunakan tangan kiri. ( untuk anda yang belum menikah, janganlah cemas, anda terus dapat mengerjakannya. langkahnya ? menikahlah dulu. )
9.      left-handed handling
peganglah gagang pintu serta bukalah pintu dengan tangan kiri. coba serta teruskanlah rutinitas baru ini tiap-tiap hari.
10.  left-handed brushing
gosoklah gigi dengan tangan kiri saat pagi hari. untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. coba serta teruskanlah rutinitas baru ini tiap-tiap hari.
11.  left-handed writing
catatlah nama panggilan anda dengan tangan kiri diatas kertas kosong. coba rutinitas baru ini sekurang-kurangnya 10 kali 1 hari, sekurang-kurangnya sepanjang 14 hari berturut-turut. niscaya anda dapat mendapatkan keajaiban, dimana pada hari ke-3 anda bisa menulisnya dengan amat gampang.
12.  left-handed signing
buat sinyal tangan anda dengan tangan kiri diatas sehelai kertas kosong. coba rutinitas baru ini sekurang-kurangnya 10 kali 1 hari, sekurang-kurangnya sepanjang 14 hari berturut-turut. niscaya anda dapat mendapatkan keajaiban, dimana 2 dari 10 sinyal  tangan tersebut menyerupai wujud aslinya.




11
BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh manusia. Otak merupakan bagian yang amat penting dalam proses mental individu, khususnya yang terkait dalam proses berfikir. Adanya kerusakan otak akan mempengaruhi intelegensi individual dan perilakunya.
Otak tidak statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh dan berkembang setiap saat menyesuaikan dengan stimulasi lingkungan. Otak terdiri dari batang otak, otak kecil dan dua belahan oak besar. Cirri-ciri kecanggihan otak adalah tumbuh dengan laju kecepatan yang tinggi saat bayi.
Otak kanan merupakan wadah kemampuan dasar (fluid intelligence) untuk mengimplementasikan kecerdasan dan kepandaian yang diperoleh dari belahan otak kiri (crystallized intelligence).
Belahan otak kanan menjadi pusat pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi, spritualisme, pusat kesenian dan emosi, pusat visualisasi, imajinasi dan kreativitas, dan berpola piker holistic dan intuitif.
Fungsi otak kanan di antaranya yaitu:
·         Dalam perkembangan EQ (emosional quentien) misalnya persamaan, khayalan kreatif, bentuk atau ruang, emosi, music dan warna.
·         Daya ingat otak kanan bersifat panjang
·         Berfikir lateral
·         Tidak tekstruktur
·         Cendrung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu memdetail.
Berikut pembelajaran yang bisa meangsang dan melatih otak kanan diantaranya:
1.      Bermain perang
2.      Menggambar atau membuat coretan warna warni
3.      Pantun berbalas
4.      Mengarang cerita
5.      Menari
6.      Membaca buku fiksi
7.      Pembelajaran olahraga

12
  1. Saran
Dari penulisan makalah ini penulis menyarankan agar kita sebagai manusia harus mejadi individu yang bisa memahami dan mengerti bagaiman pembelajaran yang bisa melatih dan merangsang otak kanan di. Makalah ini tidak sepenuhnya sempurna, apabila ada kesalahan tolong dimaklumi dan diperbaiki, dalam kehidupan yang kita jalani pasti selalu ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan, oleh karena itu juga membutuhkan bantuan dari orang lain, karena manusia adalah makhluk social.

13
DAFTAR PUSTAKA

Santoso, AM Rukky.2003. Right Brain For Kids Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan Anak-Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cahyo, Agus N, 2011. Game Khusus Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri Anak. Jokjakarta:
Femi Olivia & Lita Ariani, 2012. Menstimulasi Otak Anak dengan Stimulasi Auditori. Jakarta: PT Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Sidiarto, Lily Djokosetio.2007. Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta. UI-PRESS
Mutiah, Diana, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Kamus saku pintar umum dan http//id.shvoong.com/life style/family and rolation/ 2263703-teknik-menyeimbangkan-otak-kanan.














14
LAPORAN PERESENTASI KELOMPOK 4 NEUROSAINS

MATERI :  pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan
OPERATOR : cici kurnia sari
MODERATOR : voni rahmi
PEMBACA MATERI :
  • novia wandari
  • sridevi
  • lidya finta putri
  • fitri handayani
ANGGOTA:
·         heni dian furnia
·         minda eka putrid
·         tri nela sari

PERTANYAAN:
Dari kelomok: 1.
wahyu putrid melati : bagaimana cara pendidik dalam mengembangkan kemampuan anak dalam hal yang berkaitan dengan otak kanan anak!
Dijawab oleh: lidya finta putri
Ditambahkan oleh : fitri handayani, cici kurnia sari
Audience: rahmi syah fitri
kesimpulan jawaban :
            usaha yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan otak anak dalam hal yang berkaitan dengan otak kanan anak adalah:
·         melalui pendidikan, yaitu dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat menstimulasi dan merangsang pertumbuhan otak kanan anak, dan mengembangkan otak kanan anak. Contohnya: mengajak anak bercerita secara global, imajinatif dan integrative, melalui pembelajran ini otak kanan anak akan berimbang. Bermain peran, melalui bermain peran, anak dapat belajar cara bersoan santun an melayani dan melatani perasaan tokoh yang diperankan dimana ini merupakan tugas otak kanan. Melalui coretan warna-warni, berbalas pantun, mengarang cerita, fikir seimmenari membaca buku fiksi, pembelajaran olahraga, music, melakukan hobi, humor, dan berfikir seimbang.
·         Melalui nutris, nutrisi sangat berpengaruh dalam menstimulasi otak,termasuk atak kanan. Semakin baik nutrisi atau gizi yang diberikan dan diperoleh semakin baik pula perkembangan otak, termasuk otak kanan. Anak yang nutrisinya cukup atau terpenuhi sejak dalam kandungan, maka akan cerdas kekampuan otaknya. Oleh sebab itu nutrisi sangt dibutuhkan sejak dini.
·         Melalui permainan atau (game), banyak sekali game yang bisa menstimulasi perkembangan otak kanan, seperti: eight game, thumb game, pattern game, specific crawl, specific posturing, specific relaxing dan lain-lain.
·         Melalui senam otak, senam otak untuk perkembangan otak saat ini sangat banyak sekali, dengan senam otak kanan ini, guru atau orang tua, atau anak bisa menstimulasi perkembangan otaknya. Senam ini ringan dan mudah namun sangat berpengaruh terhadap perkembangan otaknya.

Dari kelompok 2.
Annajmi ilmi : bagaimana cara pendidik mengaplikasikan pembelajaran yang berbasis perkembangan otak anak!
Dijawab oleh : sridevi
Ditambahkan oleh : lidya finta putri
Audience : tiara prima ramdini
Kesimpulan jawaban :
Cara pendidik mengaplikasikan pembelajaran yang berbasis perkembangan otak anak yaitu, dengan pembiasaan dan pembelajaran sehari-hari. Dimana segala kegiatan pembelajaran disusun dan direncanakan sedemikian rupa untuk menstimulasi dan mengembangkan kemampuan otak, baik itu otak kanan, kiri dan tengah. Itu diaplikasikan melalui metode pembelajaran seperti, melatih anak berfikir luas, imajinatif dan kreatif, mengajak anakberfikir seimbang (raight brain) dan lain-lain. Kemudian juga bisa melalui berbagi permainan/ kegiatan yang menstimulasi otak anak, seperti puzzle, menggambar, menstimulasi otak anak dengan music, melakukan senam otak, dan lain-lain. Dan yang tak kala pentingnya adalah mengajak orangtua mengajak orang tua untuk memberikan makanan yang sangat menunjang perkembangan otak anak, dimana makanan itu tidak harus mahal yang penting bergizi.

Dari kelompok 3.
Tria marini : bagaimana cara merangsang otak kanan dengan tetap mempertimbangkan belahan otak kiri anak!
Dijawab oleh : heni dian furnia
Ditambahkan oleh : lidya vinta putri, cici kurnia sari, sridevi
Audience : ayu citra dewi, tiara prima ramdini
Kesimpulan jawaban :
            Seperti yang kita ketahui otak kanan sama pentingnya dengan otak kiri anak. Dan selama ini banyak orang yang hanya mengunggulkan otak kiri dan mengabaikan otak kanan. Oleh karena itu otak kanan dan otak kiri harus dikembangkan secara seimbang. Cara merangsangnya yaitu guru tidak saja melatih otak kiri anak yaitu hanya belajar matematika (yang berhubungan dengan kognitif) tapi guru harus mengembangkan otak kanan dengan mendengarkan kesenian dan mendengarkan pembelajaran bermain perang, menggambar/membuat coretan. Semua ini akan merangsang otak kanan anak.
            Mengembangkan otak kanan tanpa mengabaikan otak kiri, keduanya harus sama-sama dikembangkan tidak hanya otak kiri atau otak kanan saja melainkan keduanya dalam keseimbangan, seperti dalam sebuah pembelajaran yang diselingi dengan music / seni, kemudian menstimulasi keduanya secara bersamaan, misalnya bermain puzzle, dimana pada permainan ini otak kanan anak akan berimajinasi mengenai gambar yang seharusnya dibentuk, disamping itu otak kiri anak akan terstimulasi dengan berfikir dan menghitung bagian puzzle ang disusun, kemudian mengajak anak berfikir kreatif (yang melibatkan otak kanan) kemudian menceritakan tentang imajinasinya tersebut, sehingga cara lain dalam mengembangkan otak kanan, tanpa mengabaikan otak kiri. Jadi tidak hanya salah satu yang dioptimalisasi/ distimulasi, melainkan keduanya kemudian dengan member nutrisi yang cukup untuk untuk ketiga belahan otak (kanan,kiri,dan tengah)

Dari kelompok 5.
            Desi ratna sari : bagaimanan pengaruh otak kanan terhadap perkembangan social anak?
            Dijawab oleh : tri nela sari
            Ditambahkan oleh : cici kurnia sari, novia wandari
            Audience : tria marini, wahyu putri melati, ayu citra dwi
            Kesimpulan jawaban :
Otak kanan sangat berpengaruh terhadap perkembangan social anak, dimana dari segi fungsi, otak kanan berperan untuk bahasa dan komunikasi antar sesame dan dapat member suatu makna / gaya bahasa dalam berkarya agar isi pikiran dan perasaan yang disampaikan dapat dipahami. Kemampuan otak kanan seseorang akan menentukan cara berbicara seseorang, jika otak kanan anak tidak berimbang, maka kemampuannya sosialnya juga kurang dan salah satu fungsi otak kanan adalah social. Misalnya karena gaya berbicara yang monoton, tanpa  penetanan, tidak menggunakan ekspresi, sehingga bahasanya tidak tertata, dan berdampak buruk pada sosialnya. Dampaknya ialah orang yang otak kanannya tidak berkembang dengan baik, maka bisa saja dia dalampergaulan buruk, suka milih-milih teman, tetutup dengan orang lain dan bisa saja kehadirannya tidak disenangi oleh orang lain, jadi perkembangan otak kanan sangat berpengaruh terhadap social. Orang yang otak kananya berkembang dengan baik maka baik pula sosialnya.

Dari kelompok 6.
Gustika : bagaimana contoh asupan gizi yang dapat merangsang kemampuan otak kanan anak?
Dijawab oleh : lidya finta putri
Ditambahkan oleh : audience : ratih hardianti, tiara prima ramdini, rahmi syah putri, wahyu putri melati
Kesimpulan jawaban :
Asupan gizi yang baik bagi otak yaitu yang mencukupi bagi perkembangan ketiga belahan otak (kanan,kiri, tengah) semakin baik asupan gizi anak, semakin baik pula perkembanga otaknya (termasuk otak kanan). Apalagi ketika masa dalam AUD (2 tahun) karena pada usia itu otak anak harus mengalami pertumbuhan. contoh asupan gizi yang baik bagi perkembangan otak anak adalah:
·         Yang mengandung protein, seperti jenis makanan laut (ikan ikanan, seperti salmon, udang, cumi-cumi, kepiting dan lainnya), telur, susu.
·         Yang mengandung lemak, (terutama asam lemak), lemak berperan untuk membuat sel-ssel baru, sebanyak 60% dari otak terbentuk dari lemak, contoh makanan yang mengandung asam lemak adalah ikan kod, daging sapi.
·         Jenis kacang-kacangan dan sereal, misalnya kacang tanah, gandum.
·         Dan masih banyak lagi makanan yang member asupan gizi untuk perkembangan otak anak, termasuk otak kanan, yang penting perhatikan jenis makanannya dan kadarnya harus mencukupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar