MAKALAH
NEUROSAINS
DALAM PEMBELAJARAN AUD
Tentang
PEMBELAJARAN
YANG MERANGSANG DAN MELATIH OTAK KANAN

OLEH
KELOMPOK
4
CICI
KURNIA SARI 1200791
SRIDEVI 1200817
LIDYA
VINTA PUTRI 1200779
NOVIA
WANDARI 1200829
HENI
DIAN FURNIA 1200806
FITRI
HANDAYANI 1200789
MINDA
EKA PUTRI 1200795
TRINELA
SARI 1200798
VONI
RAHMI 1200815
PENDIDIKAN
GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami sebagai penulis aturkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat
dan karunia-Nya kami sebagai penulis telah menyelesaikan makalah ini dengan
judul “ pembelajaran yang merangsang dan
melatih otak kanan”. selanjutnya sholawat beriring salam tidak lupa
pula kami sebagai penulis kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa
umatnya kealam yang berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Makalah ini ditulis dalam rangka untuk memenuhi
tugas kelompok mata kuliah berhubungan dengan neurosains dalam pembelajaran AUD.
Dalam menyusun makalah ini, penulis mendapat bantuan dan bimbingan dari
berbagai pihak, baik moril maupun materil.
Penulis menyadari baik isi maupun penulisan makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kepada pembimbing dan pembaca
makalah ini, penulis mengharapkan kritik dan sarannya yang sifatnya membangun
demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Harapan penulis, semoga makalah ini dapat
dipergunakan demi kemajuan ilmu pengetahuan kita bersama. Akhir kata penulis
ucapkan terima kasih.
Padang, 2013
penulis
i
DAFTAR
ISI
Cover
Kata Pengantar…………………………………………………………………………..…….i
Daftar Isi……………………………………………………………………………..………..ii
Bab I
Pendahuluan
A. Latar
Belakang Masalah………………………………………………………….....…1
B. Rumusan
Masalah……………………………………………………….......................1
C. Batasan
masalah………………………………….……………………………….....…2
Bab II
Pembahasan
A. Perkembangan
otak anak………...………………………….…………………..…..…3
B. Otak
kanan dan fungsi otak kanan…….……………………………..…......................4
1. Otak
kanan…………………………………………………………………..…4
2. Fungsi
otak kanan………………………………………………………….…..4
- Pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan ……………………………..5
1. Pembelajaran
yang merangsang dan melatih otak kanan……………………...5
2. merangsang
otak kanan dengan kemampuan berfikir seimbang (RIGHT BRAIN)………………………………………………………………………..9
3. melatih otak kanan dengan tehnik tes atau latihan pengaktifan
otak kanan…..9
Bab III Penutup
A. Kesimpulan….………………………………………………………………………..12
B. Saran………………………………………………………………………………….13
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………..14
ii
BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh
manusia, otak tidak statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh dan berkembang
setiap saat menyesuaikan dengan stimulasi lingkungannya.
Otak terdiri dari belahan kanan dan belahan kiri,
kedua belahan ini mempunyai peranan dan fungsi masing-masing. Sebagaimana kita
ketahui otak tumbuh dan berkembang sepanjang waktu, oleh karena itu otak perlu
diberikan stimulasi. Dalam pemberian stimulasi tidak otak kiri saja yang perlu
melainkan otak kanan juga.
Otak kita akan berkembang dengan
baik jika ada tantangan dan masalah yang harus diselesaikan. Pandainya
menyesuaikan diri, mampu berpikir menunjukkan bahwa otak kanan dan kiri dapat
berjalan seimbang. Merancang pembelajaran berbasis Otak kanan yaitu berspesialisasi
pada penginderaan dan pola rekognisi.
Upaya merangsang otak kanan
dilakukan dengan kegiatan menari, menyanyi, melukis dan sebagainya. dengan merangsang belehan otak kanan seperti:
seni, kreativitas dan imajinasi lebih dulu, maka kemampuan matematis anak
justru bisa berkembang lebih baik.
Belahan otak kiri dan kanan, asal
tahu saja, bekerja saling bergantung satu sama lain. apabila tidak terbiasa
menggunakannya secara seimbang, salah satu dari belahan otak yang jarang
digunakan akan mengalami hambatan-hambatan dalam menjalankan fungsinya. Hal ini
pula yang menimbulkan kemiskinan kreativitas pada anak-anak.
- Rumusan masalah
Berdasarkan
masalah yang akan dibahas kami merumuskan:
1. Bagaimana
perkembangan otak anak!
2. Apa
itu otak kanan dan fungsi otak kanan!
3. Apasaja
pembelajaran yang merangsang dan melatih otak kanan!
1
- Batasan masalah
Berdasarkan
rumusan masalah yang dipilih kami membatasi masalah:
1. Perkembangan
otak anak
2. Otak
kanan dan fungsi otak kanan
3. Pembelajaran
yang merangsang dan melatih otak kanan
2
BAB
II
PEMBAHASAN
PEMBELAJARAN
YANG MERANGSANG DAN MELATIH OTAK KANAN
- Perkembangan otak anak
Factor terpenting yang terdapat dalam diri manusia
yang akan menentukan perkembangan manusia selanjutnya adalah otak, yaitu keseimbangan
belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Otak manusia hanya satu yang terdiri belahan otak kanan dan belahan otak
kiri, kedua belahan otak itu harus selalu dalam keseimbangan tetapi
kenyataannya tidak begitu adanya.
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh
manusia. Otak merupakan bagian yang amat penting dalam proses mental individu,
khususnya yang terkait dalam proses berfikir. Adanya kerusakan otak akan mempengaruhi
intelegensi individual dan perilakunya.
Otak tidak
statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh dan berkembang setiap saat
menyesuaikan dengan stimulasi lingkungan. Otak terdiri dari batang otak, otak
kecil dan dua belahan otak besar. Ciri-ciri kecanggihan otak adalah tumbuh
dengan laju kecepatan yang tinggi saat bayi. Kemampuan plastisitas yang tinggi,
kemampuan ting untuk beradaptasi terhadap lingkungan dan adanya perkembangan
ontogenetic dengan proses lateralisasi yang menciptakan spesialisasi hemisfer
yang khas otak manusia.
Perkembangan otak mencapai tahap puncak dengan terciptanya
dua belahan otak, kanan dan kiri, yang mempunyai kemampuan berbeda tetapi
bekerja sama secara harmonis, selaras dan saling berkomunikasi.
Untuk mencapai tahap puncak otak prima, anak harus
belajar dari lingkungan dan diberi stimulus. Proses perkembangan otak mencapai
tahap puncak spesialisasi hemisfer ini merupakan hasil akhir adanya dua
kemampuan dalam diri manusia yaitu berakal dan berakhlak, manusia yang cerdas
dan berbudi luhur sekalian.
3
- Otak kanan dan fungsi otak kanan
- Otak kanan
Pada dasarnya otak merupakan memori yang terpenting
yang terdapat dalam tubuh manusia, tepatnya pada bagian kepala. Otak akan
bekerja apabila mendapatkan rangsangan, baik rangsangan langsung atau tidak,
contohnya: pada saat berfikir dengan tenang maupun saat terkejut. Otak manusia
bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu cara kerja otak kanan dan otak kiri,
dalam proses pembelajaran otak kanan akan berfungsi jika menerima rangsangan
yang direkam oleh pupil dan diteruskan ke otak, kemudian di bagikan baik ke otak
kanan maupun ke otak kiri. Otak kanan bersifat artistic, kreasi, perasaan,
emosi, gaya bahasa, irama, music, imajinasi, khayalan, warna, pengenalan diri
dan orang lain.
Menurut Doung hall, kepribadian dari otak kanan
adalah simple, menyenangkan, boros, lebih memilih perasaan sebagai solusi
masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, pelanggar aturan, bebas
dan spontan.
Otak kanan merupakan wadah kemampuan dasar (fluid
intelligence) untuk mengimplementasikan kecerdasan dan kepandaian yang diperoleh
dari belahan otak kiri (crystallized intelligence).
- Fungsi otak kanan
Belahan otak kanan berfungsi sebagai pusat
pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi,
spritualisme, pusat kesenian dan emosi, pusat visualisasi, imajinasi dan
kreativitas, dan berpola piker holistic dan intuitif.
Otak kanan mempunyai fungsi yang lebih luas, lebih
vital dan menjadi landasan dasar dalam kehidupan individu. Ibarat membangun
sebuah rumah maka perlu lebih dahulu dipersiapkan fundamen (belahan kanan) yang
baik. Kalau otak kiri manusia merupakan pusat potensi kepandaian manusia, maka
otak kanan lah yang mengaktualisasikan kepandaian itu dalam kehidupan
sehari-hari dalam berbagai kondisi dan situasi.
Fungsi
otak kanan yaitu:
·
Dalam perkembangan EQ
(emosional quentien) misalnya persamaan, khayalan kreatif, bentuk atau ruang,
emosi, music dan warna.
·
Daya ingat otak kanan
bersifat panjang
·
Berfikir lateral
·
Tidak tekstruktur
·
Cendrung tidak
memikirkan hal-hal yang terlalu memdetail.
4
Dan
fungsi otak kanan lainnya yaitu:
·
Non verbal, Kesadaran
tentang benda-benda tetapi sedikit mengaitkannya dengan kata-kata
·
Sintetis, Mengatukan
hal/benda untuk menjadi suatu keseluruhan
·
Konkret, Menghubungkan
dengan hal-hal konkret sebagaimanan adanya atau sesuai dengan kenyataan dan
pengalaman
·
Analogi, Melihat
kesamaan antara benda-benda, memahami hubungan yang sifatnya metaphor
(perumpamaan).
·
Non temporal, Tanpa
sence of time
·
Non rasional, Tidak
memerlukan dasar penalaran/ fakta
·
Spasial, Melihat suatu
hal/benda dalam hubungan dengan hal lain/benda lain. Bagaimana bagian akan
menyatu agar membentuk keseluruhan
·
Intuitif, Insight yang
melompat seringkali berdasarkan perasaan, imagery visual
·
Holistic, Melihat
secara keseluruhan benda/kejadian, mengamati keseluruhan pola dan struktur
menuju ke konklusi divergen.
- Pembelajarn yang merangsang dan melatih otak kanan
1. Pembelajarn
yang merangsang dan melatih otak kanan
Pembelajaran melalui otak kanan pada anak prasekolah
dapat berupa kesempatan untuk bermain bebas dan aktivitas kelompok sangat
berguna untuk belajar perilaku social. Dapat memperoleh kepuasan diri,
mengikuti keadaan rutin, dan menguasai keterampilan praktis seperti makan,
toileting, berpakaian, memberi salam pada orang dewasa, memecahkan konflik,
memberiperhatian dan melakukan tugas. Pada usia prasekolah lebih lanjut dapat
dimulai menanamkan “school readriiess” termasuk dasar” termasuk dasar-dasar
baca-hitung-tulis (prabaca, prahitung dan pratulis). Dan uapaya diarahkan untuk
mengembangkan cirri ingin tahu, keterampilan berpikir, kosa-kata dan
pengetahuan umum. Pada usia pra sekolah belum diharapkan penekanan pada
pengembangan intelektual atau akademis (yang diperankan terutama oleh belahan
kiri).
Pembelajaran yang mementingkan belahan otak kanan
akan membuat orang mampu bercerita secara global, imajinatif, integrative
sehingga hasil pembelajaran itu tampak pada keberhasilan pada ujian esai.
Dengan kata lain, hasil uijan esai mencerminkan kemampun belahan kanan.
5
Berikut
pembelajaran yang bisa meangsang dan melatih otak kanan adalah:
1. Bermain
peran
Bermain peran merupakan sebuah game yang para
pemainnya melainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut
sebuah cerita bersama. Para pemain aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan
karakteristik tokoh tersebut dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari
system peraturan game yang telah ditentukan. Dengan permainan ini anak akan
belajar cara bersopan santun dengan orang lain, anak dapat menyelami perasaan
tokoh yang diperankan, anak belajar mengekspresikan diri, berimajinasi, atau
bahkan berimprovisasi.
2. Menggambar
atau membuat coretan warna warni
Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak,
menggambar merupakan aktivitas yang penuh stimulasi terhadap proses tumbuh
kembang anak. Kegiatan ekspresif ini merupakan aktivitas kreatif anak yang
perlu dikembangkan, diperhatikan dan disalurkan dengan tepat, sehingga dapat
menunjang optimalisasi perkembangan minat, bakat, juga keceerdasannya. Walaupun
simpel, kegiatan diatas merangsang fungsi otak kanan, yatu mengenal bentuk dan
warna. Misalnya, Anda bisa menstabilo bagian-bagian penting di buku dengan
warna-warna jreng. Adapu manfaat bagi otak kanan yaitu:
·
Merupakan ekspresi dan
bagian dari proses kreatif serta imajinatif anak dimasa kecil, dengan
menggambar anak akan belajar menciptakan atau berkreasi, menuangkan ide-idenya,
serta mensualisasikan dan merelaksasikan imajinasinya dalam sebuah kenyataan.
·
Membantu anak
menyalurkan bentuk-bentuk emosi yang dirasakan anak melalui gambar
·
Melatih keterampilan
motorik halus anak
·
Sebagai stimulus untuk
menumbuhkan minat belajar, sekaligus sebagai metode pembelajaran dan pendidikan
berbasis kreatif.
3. Pantun
berbalas
Manfaat
bagi optimalisasi otak kanan
·
Mengasah atau
mengembangkan kreativitas dalam menyusun kata-kata
·
Karna game ini berbasis
kelompok, maka emosi anak (rasa solidaritas) bisa tumbuh dan ia akan membela
kelompoknya.
6
4. Mengarang
cerita
Mengarang cerita bisa menjadi media bagi anak untuk mengungkapkan
perasaan dan pikirannya mengenai sesuatu atau seseorang, dimana dengan
mengarang cerita ini akan membuat imajinasi anak menjadi terasah. Imajinasi
tersebut merupakan bagian dari ide-idenya yang bermanfaat untuk perkembangan
kecerdasan kreatifnya.
5. Menari
Menurut pendapat para pakar, menari merupakan bentuk
kecerdasan kinestetik, yang perlu kita pahami disini adalah kecerdasan
kinestetik tidak hany meliputi gerakan tubuh semata, melainkan juga kemampuan
untuk menggabungkan fisik dan pikiran guna menyempurnakan suatu gerakan.
Menurut Berk (2006) dalam game khusus penyeimbang otak kanan dan kiri anak,
belajar melalui tari hendaknya merupakan salah satu stimulasi unuk melatih
kecerdasan otak, baik secara kognisi, psikomotorik maupun efektif. Tari
memberikan ruang kepada seseorang kepada seseorang untuk bermain dan
berimajinasi. Manfaat bagi otak kanan:
·
Otak kanan anak akan
mendapat rangsangan dari apa yang didengar (yakni music). Setelah melalui
proses yang rumit dalam sel saraf, rangsangan music itu kemudian menghasilkan
gerakan-gerakan fisik.
·
Otak kanan anak juga
akan meningkatkan daya kreativitas dengan membuat gerakan yang indah dan
gemulai atau membuat variasi gerakan sendiri diluar panduan kita.
6.
Membaca buku fiksi
Di sela-sela rehat, manfaatkan dengan membaca buku
fiksi. Anda bak diajak ’berpetualang’ ke dunia lain. Otak pun bak
dimanjakan karena bebas berfantasi dan berimajinasi seluas mungkin tanpa
mengenal batas.
7. Pembelajaran
olahraga
Olahraga juga sangat berperan penting dalam
merangsang otak kanan, karena olahraga menggerakkan seluruh bagian tubuh. Saat
menerimarangsangan otak dalam kondisi normal.
7
Selain
itu otak kanan juga bisa dirangsang melalui:
1.
Mendengarkan music
Musik
apapun merupakan stimulan yang ampuh untuk membuat Anda tenang atau memberikan
dorongan semangat. Musik adalah
indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan
yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui
lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati
keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah
musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian bukan musik
yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati. Bisa
kita lihat para pemain musik seperti penyanyi dan pencipta lagu adalah orang
yang kuat otak kanan nya.
2. melakukan hal yang disukai atau hobi
Suatu
cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis adalah dengan
melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita. Secara tidak sadar ketika kita
melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita
akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan
bahkan beaya yang kita keluarkan. Demi hobi bahkan orang rela mengorbankan
sebagian waktu untuk menekuninya. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan
karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Dengan menekuni hobi, biasanya
hidup kita akan bertambah semangat dan ada spirit baru. Contoh hobi yang dapat
mengasah otak kanan : mendaki gunung, memancing, bermain game online, jogging
dan lain sebagainya.
3. melatih otak
kanan dengan humor
Dapat
kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku
humor dan becanda. Orang yang kuat otak kanannya selalu berfikir kedepan,
menggali ide-ide baru dan menyukai tantangan. Kadang jika sedang merasakan
suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk
sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak
kanannya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari
rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh
jika menghadapai masalah maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk
melampiaskan kebosanan dan menjaga spirit dalam hidupnya.
8
2. Cara
merangsang otak kanan dengan kemampuan berfikir seimbang (RIGHT BRAIN)
Mengembangkan kemampuan otak kanan tidak hanya
dengan pembelajaran-penbelajaran seni atau music saja tapi bisa juga dengan
latihan-latihan mengembangkan kemampuan berpikir seimbang, dengan konsep right
brain. Adalah konsep latihan fisik khsus
untuk anak-anak yang bertujuan melatih dan mengembangkan anak secara holistic.
Anak-anak diajak berkenalan kedunia yang penuh imajinasi dan mengenal
perjalanan pertama kedalam tubuhnya sendiri.
Mulailah dengan bercerita tentang kisah kelahiran
manusia. Manusia datang dari dalam tubuh manusia lain disebut ibu. Ini adalah
peristiwa yang penuh keajaiban dan menjadi bukti adanya zat tertinggi yang
diistilahkan sebagai tuhan. Mintalah anak-anak untuk mendengar dongeng ini
dengan pembimbing berada di tengah-tengah mereka untuk menimbulkan suasana
kesatuan dan kedekatan. Dengan ceritayang penuh fantasi itu, biarkan anak-anak
bermain dengan theatre of mind-nya.
Carilah ruangan yang tenang, bersirkulasi udara baik
dan sejuk. Beri latar belakang music instrumental yang tenang. Orangtua perlu
berlatih agar cerita bisa mengalir dengan baik dengan intonasi yang jelas.
Biarkan anak-anak dalam posisi yang paling rileks dan memejamkan mata. Latihan
ini bisa berlangsung selama 30-45 menit. Apabila berhasil, buat anak-anak,
waktu selama itu akan terasa pendek dan cepat.
Apabila cerita yang disuguhkan begitu memukau dan
suasana terciptanya dengan baik, anda telah membawa anak-anak berkelana dengan
kesadaran supra ke dalam suatu kehidupan. Mungkin saja, ketika cerita
disampaikan, tercapai suatu kondisi yang disebut ferkuensi alpha atau bahkan
theta. Detik berada dalam kondisi alpha atau theta merupakan pengalaman
berharga dalam kehidupan anak anda.in adalah kondisi kehidupan optimal dimana
semua system pertahanan diri dan kekebalan tubuh bekerja secara maksimal.
Mungkin saja, kondisi yang hanya sesaat itu bisa menghasilkan suatu keajaiban
pada kesehatan ataupun kecerdasan kesadaran anak-anak.
Setelah latihan diatas selesai, biarkan anak-anak
menikmati relaksasi dalam posisi tidur telentang dan dalam kondisi kendur.
Ajaklah mereka untuk berposisi seperti itu selama beberapa menit dan mintalah
mereka untuk belajar membiarkan pikiran bebas merdeka.
3. melatih otak kanan dengan tehnik tes atau latihan pengaktifan
otak kanan
untuk
melatih otak kanan, dapat lakukan sebagian tehnik atau test berbentuk
latihan-latihan pengaktifan otak kanan yaitu:
9
1. eight game
pura-puralah
menulis angka delapan tidur atau lambang ? di hawa dengan tangan kiri serta
kanan dengan berbarengan. permainan sederhana ini mempunyai tujuan untuk
menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan. coba serta
teruskanlah permainan ini sesudah sarapan, sepanjang dua menit tiap-tiap hari.
2. thumb game
acungkanlah
jempol tangan kiri serta kelingking tangan kanan, sembari menyorongkan ke-2
belah tangan ke arah kanan. sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan serta
kelingking tangan kiri, sembari menyorongkan ke-2 belah tangan ke arah kiri.
permainan sederhana ini mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik
kiri serta syaraf motorik kanan. coba serta teruskanlah permainan ini
berbarengan teman-teman sesudah makan siang, sepanjang dua menit tiap-tiap
hari.
3. pattern game
gambarlah
pola-pola spesifik diatas kertas kosong, dengan tangan kiri serta kanan dengan
berbarengan, ke arah didalam, luar, atas, serta bawah. tak hanya mempunyai
tujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan,
permainan unik ini juga bisa menggali potensi visual. coba permainan ini sepanjang
dua menit tiap-tiap hari, sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.
4. specific crawl
gerakkan
tangan kanan serentak dengan kaki kiri. lantas balaslah, gerakkan tangan kiri
serentak dengan kaki kanan. idealnya, siku tangan menyentuh lutut. temani juga
dengan lagu favorit. tak hanya mempunyai tujuan untuk menyeimbangkan syaraf
motorik kiri serta syaraf motorik kanan, gerakan ini juga bisa bikin pikiran
terbuka pada perihal yang baru. coba gerakan ini dengan 10 menit tiap-tiap
hari, sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.
5. specific posturing
bertumpulah
di lantai dengan lutut kiri serta tangan kanan. sesaat itu, kaki kanan
diluruskan ke belakang serta tangan kiri diluruskan ke depan. posisi ini
mempunyai tujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf spesifik dengan umum serta
otak kanan dengan spesial. coba posisi ini sepanjang 10 menit tiap-tiap hari,
sekurang-kurangnya 14 hari berturut-turut.
10
6. specific relaxing
panduan
ini spesial anak-anak. pertahankan posisi relaksasi 1/2 tengkurap. lakukan juga
posisi ini saat anak tidur. makin awal, makin baik. lakukan juga posisi ini
saat anak sakit, sembari dipeluk oleh orang tua. karena, otak anak ada didalam
frekuensi alpha serta anak dapat jadi damai sebab itu.
7. rotated reading
balikkan
sesuatu catatan ( atas bawah ), lantas bacalah catatan tersebut dari kanan ke
kiri. coba serta teruskanlah rutinitas baru ini sepanjang 2 menit tiap-tiap
hari.
8. left-handed foreplay
panduan
yang bisa juga dimaksud kamasutra ini spesial untuk lelaki yang sudah menikah.
cumbulah pasangan anda gunakan tangan kiri. ( untuk anda yang belum menikah,
janganlah cemas, anda terus dapat mengerjakannya. langkahnya ? menikahlah dulu.
)
9. left-handed handling
peganglah
gagang pintu serta bukalah pintu dengan tangan kiri. coba serta teruskanlah rutinitas
baru ini tiap-tiap hari.
10. left-handed brushing
gosoklah
gigi dengan tangan kiri saat pagi hari. untuk sore atau malam hari, tetaplah
menggosok gigi dengan tangan kanan. coba serta teruskanlah rutinitas baru ini
tiap-tiap hari.
11. left-handed writing
catatlah
nama panggilan anda dengan tangan kiri diatas kertas kosong. coba rutinitas
baru ini sekurang-kurangnya 10 kali 1 hari, sekurang-kurangnya sepanjang 14
hari berturut-turut. niscaya anda dapat mendapatkan keajaiban, dimana pada hari
ke-3 anda bisa menulisnya dengan amat gampang.
12. left-handed signing
buat
sinyal tangan anda dengan tangan kiri diatas sehelai kertas kosong. coba
rutinitas baru ini sekurang-kurangnya 10 kali 1 hari, sekurang-kurangnya
sepanjang 14 hari berturut-turut. niscaya anda dapat mendapatkan keajaiban, dimana
2 dari 10 sinyal tangan tersebut
menyerupai wujud aslinya.
11
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
Otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh
manusia. Otak merupakan bagian yang amat penting dalam proses mental individu, khususnya
yang terkait dalam proses berfikir. Adanya kerusakan otak akan mempengaruhi
intelegensi individual dan perilakunya.
Otak tidak statis, tetapi dinamis, senantiasa tumbuh
dan berkembang setiap saat menyesuaikan dengan stimulasi lingkungan. Otak terdiri
dari batang otak, otak kecil dan dua belahan oak besar. Cirri-ciri kecanggihan
otak adalah tumbuh dengan laju kecepatan yang tinggi saat bayi.
Otak kanan merupakan wadah kemampuan dasar (fluid
intelligence) untuk mengimplementasikan kecerdasan dan kepandaian yang
diperoleh dari belahan otak kiri (crystallized intelligence).
Belahan otak kanan menjadi pusat pemantauan dan
perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi, spritualisme, pusat
kesenian dan emosi, pusat visualisasi, imajinasi dan kreativitas, dan berpola
piker holistic dan intuitif.
Fungsi
otak kanan di antaranya yaitu:
·
Dalam perkembangan EQ
(emosional quentien) misalnya persamaan, khayalan kreatif, bentuk atau ruang,
emosi, music dan warna.
·
Daya ingat otak kanan
bersifat panjang
·
Berfikir lateral
·
Tidak tekstruktur
·
Cendrung tidak
memikirkan hal-hal yang terlalu memdetail.
Berikut
pembelajaran yang bisa meangsang dan melatih otak kanan diantaranya:
1. Bermain
perang
2. Menggambar
atau membuat coretan warna warni
3. Pantun
berbalas
4. Mengarang
cerita
5. Menari
6.
Membaca buku fiksi
7. Pembelajaran
olahraga
12
- Saran
Dari penulisan makalah ini penulis
menyarankan agar kita sebagai manusia harus mejadi individu yang bisa memahami
dan mengerti bagaiman pembelajaran yang bisa melatih dan merangsang otak kanan
di. Makalah ini tidak sepenuhnya sempurna, apabila ada kesalahan tolong
dimaklumi dan diperbaiki, dalam kehidupan yang kita jalani pasti selalu ada
masalah yang tidak bisa kita selesaikan, oleh karena itu juga membutuhkan
bantuan dari orang lain, karena manusia adalah makhluk social.
13
DAFTAR
PUSTAKA
Santoso,
AM Rukky.2003. Right Brain For Kids
Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan Anak-Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Cahyo,
Agus N, 2011. Game Khusus Penyeimbang
Otak Kanan dan Kiri Anak. Jokjakarta:
Femi
Olivia & Lita Ariani, 2012. Menstimulasi
Otak Anak dengan Stimulasi Auditori. Jakarta: PT Elek Media Komputindo
Kelompok Gramedia.
Sidiarto,
Lily Djokosetio.2007. Perkembangan Otak
dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta. UI-PRESS
Mutiah,
Diana, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia
Dini. Jakarta: Kencana.
Kamus
saku pintar umum dan http//id.shvoong.com/life style/family and rolation/ 2263703-teknik-menyeimbangkan-otak-kanan.
14
LAPORAN PERESENTASI KELOMPOK 4 NEUROSAINS
MATERI
: pembelajaran yang merangsang dan
melatih otak kanan
OPERATOR
: cici kurnia sari
MODERATOR
: voni rahmi
PEMBACA
MATERI :
- novia wandari
- sridevi
- lidya finta putri
- fitri handayani
ANGGOTA:
·
heni dian furnia
·
minda eka putrid
·
tri nela sari
PERTANYAAN:
Dari
kelomok: 1.
wahyu putrid melati :
bagaimana cara pendidik dalam mengembangkan kemampuan anak dalam hal yang berkaitan
dengan otak kanan anak!
Dijawab
oleh: lidya finta putri
Ditambahkan
oleh : fitri handayani, cici kurnia sari
Audience:
rahmi syah fitri
kesimpulan
jawaban :
usaha yang dapat dilakukan guru
dalam mengembangkan kemampuan otak anak dalam hal yang berkaitan dengan otak
kanan anak adalah:
·
melalui pendidikan,
yaitu dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat menstimulasi dan
merangsang pertumbuhan otak kanan anak, dan mengembangkan otak kanan anak.
Contohnya: mengajak anak bercerita secara global, imajinatif dan integrative,
melalui pembelajran ini otak kanan anak akan berimbang. Bermain peran, melalui
bermain peran, anak dapat belajar cara bersoan santun an melayani dan melatani
perasaan tokoh yang diperankan dimana ini merupakan tugas otak kanan. Melalui
coretan warna-warni, berbalas pantun, mengarang cerita, fikir seimmenari
membaca buku fiksi, pembelajaran olahraga, music, melakukan hobi, humor, dan
berfikir seimbang.
·
Melalui nutris, nutrisi
sangat berpengaruh dalam menstimulasi otak,termasuk atak kanan. Semakin baik
nutrisi atau gizi yang diberikan dan diperoleh semakin baik pula perkembangan
otak, termasuk otak kanan. Anak yang nutrisinya cukup atau terpenuhi sejak
dalam kandungan, maka akan cerdas kekampuan otaknya. Oleh sebab itu nutrisi
sangt dibutuhkan sejak dini.
·
Melalui permainan atau
(game), banyak sekali game yang bisa menstimulasi perkembangan otak kanan,
seperti: eight game, thumb game, pattern game, specific crawl, specific
posturing, specific relaxing dan lain-lain.
·
Melalui senam otak,
senam otak untuk perkembangan otak saat ini sangat banyak sekali, dengan senam
otak kanan ini, guru atau orang tua, atau anak bisa menstimulasi perkembangan
otaknya. Senam ini ringan dan mudah namun sangat berpengaruh terhadap
perkembangan otaknya.
Dari
kelompok 2.
Annajmi ilmi
: bagaimana cara pendidik mengaplikasikan pembelajaran yang berbasis perkembangan
otak anak!
Dijawab
oleh : sridevi
Ditambahkan
oleh : lidya finta putri
Audience
: tiara prima ramdini
Kesimpulan
jawaban :
Cara pendidik mengaplikasikan pembelajaran yang
berbasis perkembangan otak anak yaitu, dengan pembiasaan dan pembelajaran
sehari-hari. Dimana segala kegiatan pembelajaran disusun dan direncanakan
sedemikian rupa untuk menstimulasi dan mengembangkan kemampuan otak, baik itu
otak kanan, kiri dan tengah. Itu diaplikasikan melalui metode pembelajaran
seperti, melatih anak berfikir luas, imajinatif dan kreatif, mengajak
anakberfikir seimbang (raight brain) dan lain-lain. Kemudian juga bisa melalui
berbagi permainan/ kegiatan yang menstimulasi otak anak, seperti puzzle,
menggambar, menstimulasi otak anak dengan music, melakukan senam otak, dan
lain-lain. Dan yang tak kala pentingnya adalah mengajak orangtua mengajak orang
tua untuk memberikan makanan yang sangat menunjang perkembangan otak anak,
dimana makanan itu tidak harus mahal yang penting bergizi.
Dari
kelompok 3.
Tria marini
: bagaimana cara merangsang otak kanan dengan tetap mempertimbangkan belahan
otak kiri anak!
Dijawab
oleh : heni dian furnia
Ditambahkan
oleh : lidya vinta putri, cici kurnia
sari, sridevi
Audience
: ayu citra dewi, tiara prima ramdini
Kesimpulan
jawaban :
Seperti yang kita ketahui otak kanan
sama pentingnya dengan otak kiri anak. Dan selama ini banyak orang yang hanya mengunggulkan
otak kiri dan mengabaikan otak kanan. Oleh karena itu otak kanan dan otak kiri
harus dikembangkan secara seimbang. Cara merangsangnya yaitu guru tidak saja
melatih otak kiri anak yaitu hanya belajar matematika (yang berhubungan dengan
kognitif) tapi guru harus mengembangkan otak kanan dengan mendengarkan kesenian
dan mendengarkan pembelajaran bermain perang, menggambar/membuat coretan. Semua
ini akan merangsang otak kanan anak.
Mengembangkan otak kanan tanpa
mengabaikan otak kiri, keduanya harus sama-sama dikembangkan tidak hanya otak
kiri atau otak kanan saja melainkan keduanya dalam keseimbangan, seperti dalam
sebuah pembelajaran yang diselingi dengan music / seni, kemudian menstimulasi
keduanya secara bersamaan, misalnya bermain puzzle, dimana pada permainan ini
otak kanan anak akan berimajinasi mengenai gambar yang seharusnya dibentuk,
disamping itu otak kiri anak akan terstimulasi dengan berfikir dan menghitung
bagian puzzle ang disusun, kemudian mengajak anak berfikir kreatif (yang melibatkan
otak kanan) kemudian menceritakan tentang imajinasinya tersebut, sehingga cara
lain dalam mengembangkan otak kanan, tanpa mengabaikan otak kiri. Jadi tidak
hanya salah satu yang dioptimalisasi/ distimulasi, melainkan keduanya kemudian
dengan member nutrisi yang cukup untuk untuk ketiga belahan otak
(kanan,kiri,dan tengah)
Dari
kelompok 5.
Desi
ratna sari : bagaimanan pengaruh otak kanan terhadap perkembangan social
anak?
Dijawab oleh : tri nela sari
Ditambahkan oleh : cici kurnia sari, novia wandari
Audience : tria marini, wahyu putri melati, ayu citra dwi
Kesimpulan jawaban :
Otak kanan sangat berpengaruh terhadap perkembangan social
anak, dimana dari segi fungsi, otak kanan berperan untuk bahasa dan komunikasi
antar sesame dan dapat member suatu makna / gaya bahasa dalam berkarya agar isi
pikiran dan perasaan yang disampaikan dapat dipahami. Kemampuan otak kanan
seseorang akan menentukan cara berbicara seseorang, jika otak kanan anak tidak
berimbang, maka kemampuannya sosialnya juga kurang dan salah satu fungsi otak
kanan adalah social. Misalnya karena gaya berbicara yang monoton, tanpa penetanan, tidak menggunakan ekspresi, sehingga
bahasanya tidak tertata, dan berdampak buruk pada sosialnya. Dampaknya ialah
orang yang otak kanannya tidak berkembang dengan baik, maka bisa saja dia
dalampergaulan buruk, suka milih-milih teman, tetutup dengan orang lain dan
bisa saja kehadirannya tidak disenangi oleh orang lain, jadi perkembangan otak
kanan sangat berpengaruh terhadap social. Orang yang otak kananya berkembang
dengan baik maka baik pula sosialnya.
Dari
kelompok 6.
Gustika
: bagaimana contoh asupan gizi yang dapat merangsang kemampuan otak kanan anak?
Dijawab
oleh : lidya finta putri
Ditambahkan
oleh : audience : ratih hardianti, tiara
prima ramdini, rahmi syah putri, wahyu putri melati
Kesimpulan
jawaban :
Asupan
gizi yang baik bagi otak yaitu yang mencukupi bagi perkembangan ketiga belahan
otak (kanan,kiri, tengah) semakin baik asupan gizi anak, semakin baik pula
perkembanga otaknya (termasuk otak kanan). Apalagi ketika masa dalam AUD (2
tahun) karena pada usia itu otak anak harus mengalami pertumbuhan. contoh
asupan gizi yang baik bagi perkembangan otak anak adalah:
·
Yang mengandung
protein, seperti jenis makanan laut (ikan ikanan, seperti salmon, udang,
cumi-cumi, kepiting dan lainnya), telur, susu.
·
Yang mengandung lemak,
(terutama asam lemak), lemak berperan untuk membuat sel-ssel baru, sebanyak 60%
dari otak terbentuk dari lemak, contoh makanan yang mengandung asam lemak
adalah ikan kod, daging sapi.
·
Jenis kacang-kacangan
dan sereal, misalnya kacang tanah, gandum.
·
Dan masih banyak lagi
makanan yang member asupan gizi untuk perkembangan otak anak, termasuk otak
kanan, yang penting perhatikan jenis makanannya dan kadarnya harus mencukupi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar